Jumat, 27 April 2012

Mengenal Brand

Sedikit Pengertian Tentang Brand


Menurut saya Brand atau dalam bahasa Indonesia sering disebut "Merk" mempunyai pengartian suatu nama, simbol, desain atau gabungan yang sering dpakai untuk identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk barang dan jas lainnya.

Dengan adanya Brand atau Merk ini manusia bisa membedakan produk barang atau jasa yang satu dengan yang lainnya dan konsumen akan mudah untuk menentukan produk barang dan jasa yang ingin mereka konsumsi. 

Setelah saya membaca diberbagai sumber, Brand ini dapat dibagi menjadi 3 hal :

1.  Contoh brand name ( nama ) 
contohnya : Philips, Nike, Casio, Nintendo, Reebok, dan lain sebagainya.

2. Contoh mark ( simbol )
contohnya : gambar atau simbol sayap yang terdapat pada motor honda, simbol jendela pada windows, simbol bulatan hijau pada sony ericsson, dan masih banyak lagi simbol-simbol yang lain yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

3. Contoh trade character ( karakter dagang )
contohnya : Ronald Mcdonald pada restoran Mcdonalds, si domar pada indomaret, dan si alfa pada alfamart dan lain sebaginya.

Disini saya akan mencontohkan makna atau arti Brand yang dipilih oleh perusahaan sport terkemuka Nike :

Nike sendiri adalah perusahaan sport yang sudah mendapatkan tempat pada hati konsumen, setelah mereka sukses di dunia sport perusahaan Nike meluncurkan barang yang lain, seperti baju, sepatu, dan alat-alat olahraga. 
Nike ini juga mensponsori berbagai olahragawan terkenal di dunia sperti Tiger Woods, Ronaldo, dan Mikel Jordan, mereka juga bekerjasama dengan team sepakbola ternama sperti : Barcelona, Manchester United dan AC Milan.
Logo Nike diatas bernama Swoosh. Nike Swoosh adalah desain yang diciptakan pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswi desain grafis di Portland State University. dan digunakan sebagai motif sepatu olahraga sejak tahun 1970-an. Sedangkan tanda centang pada desain logo perusahaan terdaftar sebagai merk dagang pada tahun 1995.

Nike sendiri memiliki arti dewi kekuatan, kecepatan dan kemenangan baik dalam peperangan maupun dalam kompetisi. Nike juga berteman dengan Athena atau dewi kebijaksanaan.

Itulah sedikit pengertian dan arti tentang Brand atau Merk, jika ada kesalahan mohon dimaklumi.
Sekian dan terima kasih.

sumber : let-us-study.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar